Tips Menjaga organ HATI kita tetap sehat

HATI merupakan organ yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Organ ini bekerja menyaring darah dari saluran pencernaan, sebelum melewatkan darah tersebut ke seluruh bagian tubuh. Selain itu, organ satu ini juga mendetoksifikasi zat kimia dan mematobolisme obat.

Mengingat begitu pentingnya fungsi hati, ada baiknya memelihara kesehatan hati secara berkelanjutan. Bagaimana caranya? Berikut beberapa langkah yang bisa menjadi panduan Anda:

Jangan makan kalau tidak lapar
Sebagian besar orang terbiasa makan tiga kali sehari pada jam yang teratur, terlepas mereka lapar atau tidak. Akan lebih baik jika Anda menyesuaikan kebiasaan makan dengan rasa lapar. Jika Anda terbiasa makan secara teratur saat tidak lapar, hati Anda akan bekerja jauh lebih keras dan pada dasarnya akan lebih cepat aus.

Perbanyak konsumsi air yang sudah disaring
Air membantu membersihkan hati dan ginjal serta membantu menurunkan berat badan. Sering-seringlah minum air dalam jumlah kecil untuk mencegah pengerutan sel-sel tubuh. Orang-orang yang kurang konsumsi air berisiko lebih besar mengalami kepikunan.

Hindari konsumsi gula dalam jumlah besar
Cobalah membatasi asupan gula, khususnya gula olahan. Pasalnya, hati akan mengubah gula menjadi lemak dan kolesterol. Lemak bisa memicu kerusakan organ tubuh. Selain itu, lemak tersebut akan dibawa ke area seperti paha, pantat dan perut untuk disimpan. Pada akhirnya, kadar trigliserida menjadi terlalu tinggi. Peningkatan kadar trigliserida berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

Cobalah menghindari pemanis buatan
Pemanis ini merupakan racun bagi hati dan bisa menyebabkan hipoglikemia serta keletihan. Jika harus mengonsumsi sesuatu yang manis, pilihlah buah segar, buah yang telah dikeringkan atau madu.

Kunyah makanan secara perlahan
Pastikan mengunyah makanan secara perlahan dan hingga halus. Pasalnya, pencernaan dimulai saat air liur menyatu dengan makanan dalam mulut. Seiring penuaan, produksi asam hydrochloric dalam lambung seringkali tidak cukup untuk mencerna protein dengan efisien. Hal ini bisa diatasi dengan minum segelas kecil air dipadukan dengan satu sendok teh cuka sari apel saat mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

Perhatikan kesehatan usus
Hati harus menyaring dan menghancurkan bakteri dan virus yang ada dalam makanan. Terlalu banyak organisme jahat, seperti salmonella atau bakteri shigella, akan membuat Anda sakit dan memicu kerusakan hati permanen. Untuk mengurangi risiko ini, pastikan hanya mengonsumsi makanan segar dan hindari memanaskan makanan secara berulang. Jangan pernah memanaskan makanan lebih dari sekali. Selain itu, jangan lupa cuci tangan sebelum makan.

Jangan makan saat stres atau cemas
Pada saat stres atau cemas, aliran darah dialihkan dari usus dan hati ke area tubuh lainnya.

Hindari konstipasi
Hindari konstipasi (sembelit) dengan cara menambah asupan buah dan sayuran segar serta minum air sepanjang hari. Dengan menghindari konstipasi, Anda bisa mencegah pertumbuhan organisme jahat dalam usus besar. Untuk menambah jumlah bakteri baik, cobalah mengonsumsi yogurt.(MI/ICH)

MetroTV

About Tips Gadget

Gadget, Smartphone, Android, Apple, Windows Phone, BlackBerry, Teknologi, dan Sosial Media View all posts by Tips Gadget

4 responses to “Tips Menjaga organ HATI kita tetap sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: