Beberapa resep obat versi ‘Dapur’

Apotek dan toko obat memang menjual banyak obat bebas untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun sebelum beranjak keluar rumah, pertimbangkan bahwa sebenarnya ‘gudang obat’ juga bisa ditemukan di rak dapur.

Sekedar untuk mengatasi luka gores atau memar, coba gunakan madu dan cuka apel. Atau bila belum sempat pergi ke dokter, gunakan larutan baking soda untuk mengatasi infeksi saluran kencing.

Berikut ini adalah beberapa bahan bermanfaat lainnya yang mudah ditemukan di dapur, dikutip dari Prevention, Senin (28/6/2010).

Garam untuk mengatasi athlete’s foot
Larutan garam bisa menghasilkan lingkungan yang tidak disukai oleh jamur, mencegah keringat berlebih dan melembutkan kulit. Rendam kaki dengan larutan 2 sendok teh dalam setengah liter air hangat, lalu diamkan 5-10 menit.

Tonic water untuk mengatasi kaki pegal
Segelas minuman ringan yang rasanya agak pahit ini bisa meredakan sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome) bila diminum sebelum tidur. Kandungan kina di dalamnya bisa menghentikan kontraksi berulang yang terjadi di otot.

Lemon untuk mengatasi bercak hitam di wajah
Potong buah lemon lalu tempelkan langsung di bercak hitam akibat proses penuaan, lalu diamkan 10-15 menit. Jika rutin dilakukan, hasilnya akan tampak dalam 6-12 pekan. Hati-hati, sebab penggunaan secara berlebihan bisa menyebabkna lapisan terluar kulit mengelupas.

“Kandungan asam pada lemon bisa membantu mencerahkan bagian-bagian tersebut,” ungkap Audrey Kunin, MD, ahli dermatologi dari Kansas City.

Madu untuk menyembuhkan luka gores
Pemanis alami ini mengandung 3 komponen untuk menyembuhkan luka yaitu gula untuk menyerap kelembaban sehingga bakteri tidak tumbuh, hidrogen peroksida untuk mencegah indeksi, senyawa propolis dari nektar untuk membunuh bakteri. Selain itu, madu akan membentuk semacam perban alami saat mengering di permukaan luka.

Minyak zaitun untuk mengatasi eksim
Sering digunakan sebagai basis pelembab karena mengandung antioksidan yang mencegah inflamasi. Bisa juga digunakan sendirian, dengan cara mengoleskan 1 sendok teh di permukaan kulit. Untuk mengobati eksim, diamkan sepanjang malam dan tutup dengan plastik.

Susu untuk mengatasi gelisah
Untuk menenangkan diri, segelas susu hangat sebelum tidur akan sangat membantu. Susu banyak mengandung triptofan, salah satu jenis asam amino yang bisa membantu relaksasi pikiran.

Cuka apel untuk mengatasi luka memar
Cuka apel atau aple cider vinegar merupakan antiradang alami yang sangat baik. Oleskan sedikit pada katun, lalu gosokkan langsung ke kulit yang memar. Bisa juga dicampur dengan putih telur dan petroleum jelly agar lebih manjur.

Teh Chamomile untuk mengatasi kutil dan kapalan
Seduhan encer dari teh yang dibuat dari bunga chamomile ini bisa melunakkan jaringan kulit pada kutil dan kapalan, terutama di kaki. Kaki akan tampak kotor oleh minuman ini, tetapi bisa dibersihkan dengan sabun.

Baking soda untuk mengatasi infeksi saluran kemih
Sifatnya yang basa membuat bakteri tidak bisa berkembang biak. Bila merasakan gejala awal infeksi, minum larutan yang dibuat dengan 1/4 sendok teh baking soda dalam 200 mL air. Lakukan setiap hari hingga mendapatkan antibiotik yang sesuai dari dokter.

Jahe untuk mengatasi sakit perut
Rimpang ini sudah lama dikenal ampuh emngatasi masalah gastrointestinal atau pencernaan, mulai dari mabuk kendaraan hingga morning sickness karena kehamilan. Seduh dengan air panas, atau campur dengan teh agar lebih nikmat.

Sumber: Detik.com

About Tips Gadget

Gadget, Smartphone, Android, Apple, Windows Phone, BlackBerry, Teknologi, dan Sosial Media View all posts by Tips Gadget

One response to “Beberapa resep obat versi ‘Dapur’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: