Berbagai Fakta Tentang Twitter

Kehebatan twitter sebagai salah satu aplikasi jejaring sosial yang paling populer, tidaklah diragukan lagi. Sudah banyak fakta yang memperlihatkan hal ini, termasuk beberapa hal berikut ini:

Gedung Putih Akui Kehebatan Twitter. Juru bicara Gedung Putih, Robert Gibss mengatakan dan mengakui bahwa Twitter merupakan alat dan medium yang memiliki kekuatan luar biasa. Gibbs mengatakan Twitter membantunya menjangkau bukan hanya wartawan, namun jutaan orang yang penasaran dengan kabar paling baru Obama.

Pengguna Twitter Capai 105 Juta. Demikian disampaikan salah satu pendiri Twitter, Isaac ‘Biz’ Stone, dalam konferensi tahunan pengembang Twitter, Chirp di San Fransisko, Rabu, 14 April 2010. Tiap hari sekitar 300 ribu orang mendaftar dan sekitar 600 juta pencarian dilakukan.

Twitter Menjadi Target Program Jahat. Seiring dengan kepopuleran Twitter, maka kian banyak pihak yg ingin mendapatkan keuntungan ataupun melakukan kejahatan. Kali ini dengan memanfaatkan metode trending topics.

Sumber: here

Sejumlah data menarik tentang penggunaan Twitter dilansir oleh penyedia analisa terhadap social media Sysomos, Juni lalu. Sysomos menggunakan banyak perkiraan dikarenakan sedikitnya data yang bisa diperoleh dari Twitter itu sendiri, seperti menebak gender berdasarkan nama dan mengambil keterangan dari biografi tiap akun didalamnya.Metode ini menimbulkan pertanyaan keabsahan data mereka, seperti mereka menemukan sekitar 65% pengguna Twitter berumur dibawah 25 tahun, tapi mengungkapkannya dari data yang ternyata hanya 0.7% yang mencantumkan umur.

Namun, dari berbagai informasi tentang Twitter yang diungkap Sysomos, ada 10 fakta yang paling menarik untuk anda ketahui :

1. Lebih dari 1/5 akun Twitter nyaris tidak pernah digunakan penggunanya.
2. Hampir 94% dari seluruh akun Twitter punya ‘followers’ kurang dari 100
3. Maret dan April 2009 merupakan puncak kejayaan Twitter. Hal ini ditandai dengan giatnya pembuatan akun oleh artis-artis, seperti Aston Kutcher dan Oprah yang membuat pengguna Twitter meledak pertambahan jumlahnya.
4. Kebanyakan pengguna balik mem-‘follow back’ para ‘followers’ hanya sampai dengan 150 orang. Selebihnya, angkanya menurun drastis. Mungkin karena pengguna Twitter cenderung memilih orang-orang tertentu saja untuk mengetahui ‘curhatan’ keseharian hidup mereka.
5. Hanya sejumlah kecil pengguna Twitter yang aktif. Terbukti dari sekitar 5% akun saja yang tercatat menggunakan penuh 75% kegiataan dalam situs Twitter, dan 10% dari total akun menjadi sebesar 86% dari total kegiataan Twitter.
6. Setengah (50.4%) dari total pengguna Twitter terhitung tidak aktif. Ukuran aktif disini berdasarkan post pengguna Twitter dalam seminggu terakhir.
7. Hari Kamis merupakan hari di mana pengguna Twitter paling aktif. Diikuti Rabu dan Jum’at secara berturut-turut.
8. Aplikasi program di luar Twitter menyokong kegunaan dan pertumbuhan penggunaan Twitter. Sysomos menemukan bahwa 55% total pengguna Twitter memakai fasilitas di luar sarana dalam Twitter.com untuk ‘bercuap-cuap’, mencari dan terhubung dengan pengguna Twitter lainnya. Hal ini mengingat fasilitas dalam Twitter sendiri terkenal buruk, karena layanannya acapkali ‘crash’.
9. Bahasa Inggris masih mendominasi isi Twitter. Mengingat 4 negara teratas pengguna Twitter menggunakan bahasa percakapan Inggris. Secara berturut-turut, AS merupakan 62% dari total pengguna Twitter, Inggris hampir mencapai 8%, serta Kanada dan Australia masing-masing dengan 5.7% dan 2.8%. Negara berbahasa bukan Inggris yang penggunanya terbesar adalah Brazil dengan 2%.
10. Twitter digunakan secara maksimal oleh para ‘social media geek’. Ada sekitar 15% pengguna Twitter yang mengikuti lebih dari 2000 orang dan menamakan diri mereka ‘social media marketer’. Orang-orang ini lah yang seringkali memperbarui ‘cuapan’ mereka tiap hari (kadang lebih dari sekali per hari) dan menggunakan Twitter secara lebih giat untuk komunikasi langsung.

Kota dengan pengguna Twitter terbanyak jatuh kepada: New York, Los Angeles, Toronto, San Fransisco, dan Boston. Saat ini Los Angeles lah yang penggunanya paling meningkat dalam daftar kota ini.

( Source : http://www.theifmedia.com/article/view/10-fakta-menarik-tentang-twitter )

About Tips Gadget

Gadget, Smartphone, Android, Apple, Windows Phone, BlackBerry, Teknologi, dan Sosial Media View all posts by Tips Gadget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: