Membuat Blog dengan Joomla Open Source

by Mrs. Fasha

Dalam artikel sebelumnya, saya sudah sedikit mengenalkan tentang Joomla sebagai CMS yang open Source. Dengan kemudahan dari Open Source tersebut, kita dapat belajar membuat blog dengan joomla secara gratis, karena file joomla dan file pendukungnya dapat dengan mudah kita download di internet dengan keyword atau kata kunci download joomla.

Karena ini masih tahap belajar, kita akan mencoba membuat blog di localhost atau komputer lokal. Pertama yang perlu dipersiapkan diantaranya yaitu, Xampp yang di gunakan sebagai server. Kenapa menggunakan Xampp? Karena didalam paket xampp terdiri dari beberapa pendukung software yang akan di jadikan webserver seperti Apache, mysql, dan software lainnya. Untuk mendapatkan Xampp, kita dapat Download Xampp di situs resminya www.apachefriends.org.

Selanjutnya adalah download Joomla di www.joomla.org, serta component dan modul untuk membuat blog yaitu Mojoblog Component dan Mojoblog Modul di www.joomlify.com. Setelah seluruh data pendukung tersebut kita dapatkan, langkah selanjutnya adalah menginstall server xampp, joomla, dan ekstension joomla, dengan tahapan sebagai berikut:

Pertama, Install Xampp yang tadi sudah kita download, untuk cara installnya sama seperti kita menginstall software lain. Ikuti saja langkah-langkahnya hingga selesai dan membuka control panel xampp. Untuk mengetahui berhasil atau tidak, silahkan buka web browser dan ketikkan http://localhost. Jika berhasil akan muncul halaman utama xampp.

Kedua, Extract software joomla di folder Xampp –> htdocs, berinama folder ekstrak joomla dengan nama joomla15. Setelah itu, kembali ke buatlah database dengan cara ketikkan http://localhost/phpmyadmin di web browser, seperti gambar di bawah ini:

Ketiga, install joomla di localhost, dengan mengetik http://localhost/joomla15/. Proses instalasi ada 7 langkah seperti gambar dibawah:

Langkah 1. Select language atau pilih bahasa. Pilih saja English. Kemudian NEXT

Langkah 2. Pre-Installation check. Pastikan nilai2/parameter sesuai yang direkomendasikan. Tekan NEXT

Langkah 3. License. Silahkan baca dulu, kalo mau baca LICENCE GNU GPL. Tekan NEXT

Langkah 4.Database. Isi host name dengan localhost,username dengan root, password dikosongi.Databasename sesuai dengan yang kita buat tadi yaitu joomla15_db.Tekan NEXT

Langkah 5.FTP Configuration. Karena kita memakai Windows, kita lewati saja bagian ini. tekan NEXT.

Langkah 6. Main Configuration. Kita isi Site Name, terserah kita. Terus email, terserah kita juga. Kemudian password, ingat, password ini kita gunakan masuk ke administrator.Untuk pilihan Install Sampel data, mending kita klik, biar situs kita ada contoh isinya.

Langkah 7. Finish. Akhirnya selesai sudah proses installasi.

Yang perlu diingat kita harus menghapus folder installasi bila kita ingin menampilkan situs kita. Baru kita bisa menampilkan situs kita dengan meng-klik Site pada step 7 atau langsung dengan membuka di localhost kita, http://localhost/joomla15/

Keempat, setelah berhasil menginstall joomla tersebut, itu artinya kita sudah memiliki website pribadi sederhana yang dapat kita edit dan tambahkan artikel sendiri melalui halaman administrator. Namun, jika kita menginginkan website kita tampil seperti blog, kita harus mendambahkan komponen dan modul yang tadi sudah kita download dengan cara masuk ke halaman administrator, http://localhost/joomla15/administrator.

Klik upload, lalu pilih file component yang tadi kita download, tunggu sebentar hingga muncul pesan Success. Selajutnya ulangi langkah tersebut untuk meng-install modul joomla. Lalu Aktifkan modules tersebut, dan jangan lupa memperhatikan pemasangan letaknya. Lihat di Site -> Preview -> In Line with Position mungkin membantu.
Sekarang membuat tampilan Post Blog kita muncul di Front Page. Caranya Klik Menu -> Main Menu pada Deleted / Disable Menu Item HOME. Buat Menu Item baru. Klik New -> Components -> isi namanya menjadi HOME lalu pada Components nya diarahkan pada MojoBlog lalu SAVE. Buat HOME baru ini pada order yang pertama.

Untuk menulis artikel klik Components -> MojoBlog .Selanjutnya akan muncul tampilan Components MojoBlog yang sangat meyerupai WordPress pada umumnya.

Kelima, selesai. Alhamdulillah akhirnya kita sudah memiliki blog pribadi yang dapat di ikutsertakan dalam berbagai lomba, seperti Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009

About Tips Gadget

Gadget, Smartphone, Android, Apple, Windows Phone, BlackBerry, Teknologi, dan Sosial Media View all posts by Tips Gadget

One response to “Membuat Blog dengan Joomla Open Source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: