Makanan Penambah Semangat di Pagi Hari

By: Devita Sari, detikcom – Jakarta,

Susah menyesuaikan diri saat bangun tidur menuju kehidupan nyata? Makanan yang kita konsumsi sehari-sehari ternyata ikut memberikan pengaruh. Agar setelah bangun tidur pikiran bisa cepat jernih dan kembali fokus, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi?

“Ternyata makanan yang tepat dapat membantu kita lebih siap, berpikir lebih jernih, dan memiliki energi lebih, dan bahkan lebih kreatif,” ujar Elizabeth Somer, RD pengarang Food & Mood . Asumsikan bahwa Anda tidur setidaknya selama 7 jam, makanan dapat membuat Anda kembali terbangun, fokus, dan merasa hidup di pagi hari – bahkan saat Anda merasa tidak bugar sekalipun.

Oleh karena itu apa saja makanan yang tepat bagi mereka yang memiliki masalah susah bangun tidur dan susah berpikir jernih setelah bangun dari dunia mimpi? Berikut delapan makanan penambah semangat yang sebaiknya Anda konsumsi di pagi hari:

1. Sesendok gula pasir
Satu sendok gula yang dimasukkan dalam kopi dan teh, atau tambahan madu dalam smoothies akan menstimulasi pelepasan acetylcholine, yaitu zat kiawi pada otak yang meningkatkan memori otak. Tetapi jangan melakukannya berlebihan atau Anda dengan cepat akan merasa ngantuk. Rasa manis yang berlebihan dapat meningkatkan level serotonin sehingga menjadi ngantuk.

2. Bagel Whole Wheat
Energi utama dari otak adalah glukosa, yang pada dasarnya membangun blok-blok karbohidrat. Jadi setelah berpuasa sepanjang malam, alarm dalam otak Anda berbunyi untuk melakukan stok karbohidrat. Tetapi Anda tidak memerlukannya terlalu banyak – setengah dari roti begel gandum akan kembali mempertinggi energi Anda. Begitu juga dengan semangkok oatmeal. Tinggal pilih yang mana favorit Anda.

3. Omega 3
Salmon mengandung lemak yang dikenal sebagai DHA, dimana dapat meningkatkan 97% dari asam lemak omega-3 ke otak. Anda perlu pembersihan untuk membuat otak siap beraksi – sebagian peran DHA adalah untuk membawa keluar sampah-sampah yang diproduksi sel yang membuat kinerja otak terasa lamban.

4. Rasa Pedas
Makanan yang pedas-pedas akan memompa aliran darah, hal itu seperti memanaskan mesin. Jika tomat terlalu asam buat Anda pada pagi hari, campurkan sesendok makan jahe segar kupas ke dalam teh panas atau smoothies dingin untuk hasil yang sama.

5. Kedelai
Di dalam kedelai terkandung senyawa yang disebut isoflavones yang dapat membantu menjernihkan pikiran Anda (dan melawan kehilangan memori pada otak). Minumlah segelas susu kedelai yang mengandung kalsium, tuangkan dalam semangkuk sereal gandum, atau campurkan beberapa tahu yang sudah dipotong-potong ke dalam orak-arik telur.

6. Air Es
Segelas kecil H2O yang es akan memompa aliran darah Anda. Rasa dingin akan memberikan reaksi tiba-tiba memaksa sistem tubuh untuk bertahan pada temperatur yang normal, dimana hal tersebut mendorong peningkatan metabolisme.

7. Kopi
Tentu saja caffeine dapat membantu tingkat kesadar dengan melembabkan zat kimia yang disebut adenosine, yang selain itu memblok peningkatan energi zat kimia di otak. Sebagai hasilnya, Anda bisa berpikir cepat, menyupir lebih baik, dan tidak cepat lupa. Ketahuilah bahwa gugup yang berlebihan – menjadi terlalu khawatir dapat menghancurkan keefisienan diri Anda.

8. Alternatif Lain
Letakkan setoples jahe, beberapa bungkus permen pedas di samping jam alarm Anda. Ketika sudah alarm berbunyi, masukkan satu atau dua potong bahan tadi ke dalam mulut sebelum mematikan alarm. Rasa pedas yang menonjok bakal membuat Anda melek dan tidak jatuh tertidur lagi! Disamping menghadapi hari, keuntungan nyata membuat sistem tubuh menjadi ‘hidup’ di pagi hari adalah otak Anda mulai bergerak, menyerap info-info menarik dan juga berita. Dengan belajar hidup lebih aktif bisa membuat umur Anda menjadi sedikitnya 2,5 tahun lebih muda.

About mauritsalbert


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: