Prinsip sang Gembala

Semua pemimpin pasti memiliki kerinduan untuk dapat menciptakan satu tim kerja yang kompak, loyal, dan produktif. Dr. Jack Neumann telah mempelajari dan mempraktekkan dengan berhasil manajemen kepemimpinan yang ia sebut sebagai “Prinsip sang Gembala”, yang merupakan prinsip-prinsip dasar kepemimpinan yang didasarkan pada Alkitab, tepat seperti yang digambarkan dalam kitab Mazmur 23.

Berikut adalah 7 “Prinsip sang Gembala”, untuk memimpin orang-orang menjadi produktif, setia, dan berdedikasi tinggi..

Pertama, gembala yang baik akan selalu mengenal, memeriksa, dan mau terlibat dalam keadaan dombanya. Dengan demikian, domba-dombanya mengenal sang gembala. Kenalilah orang-orang yang kita pimpin, apa impian, cita-cita, kesukaan, dan yang memotivasi mereka untuk melakukan sesuatu. Orang yang ada di bawah kita bukan hanya sekadar pegawai, mereka adalah individu yang perlu mendapat perhatian (Ibrani 10:24).

Kedua, temukan “SHAPE” dombamu. Strength: kemampuan yang sesuai dengan tugas yang diberikan. Heart: memiliki hati untuk tugas dan bertanggung jawab pada Tuhan melalui pekerjaan. Attitude: memiliki sikap mau diajar, mudah bekerja dalam tim, dan bersungguh hati dalam banyak hal. Personality: posisi yang tepat sesuai dengan kepribadian. Experiences: pengalaman yang sesuai dalam penempatan posisi yang tepat.

Ketiga, tandai dombamu. Ada saatnya pemimpin akan mengevaluasi bawahan, mendisiplinkan, menegur, atau bahkan mengeluarkan mereka. Pemimpin yang baik harus berani melakukannya karena ia mengasihi dan menginginkan agar mereka dapat menjadi lebih baik. Proses “menandai” dapat juga dilakukan dengan cara mengkomunikasikan visi secara terus-menerus kepada para bawahannya.

Keempat, pemimpin yang baik harus menciptakan rasa aman bagi para bawahan di tempat mereka bekerja, dan itu didapat ketika mereka: merasa aman bekerja, mendapat upah cukup sesuai dengan kinerja dan keuntungan yang diperoleh perusahaan (Yeremia 22:13, Imamat 19:13), mendapat informasi jelas mengenai berbagai hal menyangkut perusahaan, merasa bahwa posisi mereka berarti dan penting, serta kehadiran pemimpin yang membuat para bawahan merasa termotivasi.

Kelima, tongkat gembala. Empat fungsi tongkat gembala adalah: mengarahkan domba ke arah yang benar dan sama, menetapkan batas, membantu gembala menolong domba yang terpisah (ditarik menggunakan ujung tongkat yang berkait melengkung), dan memberi semangat pada domba (memisahkan beberapa domba dan menarik ke dekatnya). Tongkat menjadi lambang bahwa gembala memperhatikan domba-dombanya.

Keenam, gada teguran. Tiga fungsi gada adalah: melindungi domba dari predator (tidak melempar kesalahan untuk membela nama baik sendiri), melindungi domba dari bahaya (memberi teguran atau disiplin ketika bawahan melakukan kesalahan), dan sebagai alat pemeriksa (gembala menghitung jumlah dombanya dengan menggunakan gada, digunakan untuk menyisir bulu, dan membersihkan kutu pada badan dombanya).

Ketujuh, untuk menjadi pemimpin yang berhasil, Anda harus memiliki hati gembala yang siap mencari orang-orang yang ke “luar batas”, dan akan menjadi lelah secara emosi karena harus “menggunakan tongkat atau gada” yang terkadang dapat “melukai” bawahan. Anda harus menginvestasikan tenaga, pikiran, uang, dan mungkin juga harus mengambil keputusan yang sulit demi kebaikan dan kemajuan bersama.

Pemimpin yang memiliki hati gembala bukanlah pemimpin yang menuntut untuk dilayani orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin yang memimpin dengan setengah hati akan mendapat pengikut dengan setengah hati. Jika seorang pemimpin menginvestasikan seluruh hidupnya bagi orang-orang yang dipimpinnya (dan mempunyai hati untuk mereka), maka mereka pun akan mengikutinya dengan sepenuh hati.

“Akulah gembala yang baik, gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya.” (Yoh 10:11).

Disadur ulang dari: “The Way Of The Sheperd“
Penulis: Dr. Kevin Leman dan William Pentak
Penerbit: PT. Visi Anugerah Indonesia

From: Ricky ‘Sityb’

About these ads

About mauritsalbert


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,397 other followers

%d bloggers like this: